Follow Me On Twitter : @Edam_made13

Selasa, 04 Desember 2012

Laptop for Gamer!

Begitu banyak sekali game yang beredar saat ini, mulai dari game mini dengan ukuran kecil yang cocok dengan semua jenis komputer jinjing (laptop) sampai game-game berukuran besar dan memerlukan spesifikasi laptop yang cukup handal untuk bisa memainkannya. Tapi sayang, untuk saat ini laptop dengan spesifikasi handal masih terhitung mahal di pasaran Indonesia. Sebenarnya anggapan tersebut tidak selamanya benar, kita masih bisa mendapatkan laptop dengan kisaran harga dibawah 8 juta-an yang sudah memiliki kemampuan handal memainkan game-game terbaru. Berikut tip cerdas memilih laptop handal tanpa perlu merogok kocek terlalu dalam yang saya kutip dari website Yahoo!.


Kemudahan Upgrade

Beberapa laptop telah menyediakan kemudahan agar komponennya (RAM, VGA, Hard Drive) dapat di upgrade. Sebisa mungkin carilah laptop yang mendukung kebutuhan ini. Tujuannya, suatu saat bila memiliki dana lebih kita bisa dengan mudah mengganti (upgrade) laptop kita tanpa harus membeli laptop baru.

Perhatikan VGA (Kartu Grafis)

Hal ini biasanya digunakan oleh para penjual nakal untuk merayu konsumen membeli produk dengan dalih memori besar. Perlu diingat seri chipset kartu grafis pada laptop adalah chipset grafis veris mobile sehingga tidak bisa dibandingkan dengan chipset grafis yang diperuntukan untuk komputer dekstop.
Perbedaan ini lebih dipengaruhi karena masalah panas dan konsumsi daya yang lebih ketat untuk laptop. Pastikan juga tidak memilih laptop dengan VGA onboard jika ingin digunakan untuk bermain game. Hal ini dikarenakan laptop dengan VGA onboard tidak akan mampu memainkan game dengan mulus.

Ukuran & Resolusi Layar

Ukuran & resolusi layar sangatlah penting untuk sebuah game. Semakin tinggi resolusi layar maka semakin berat tuntutan sebuah game akan chipset yang baik. Jadi, jika laptop yang Anda pilih haya dilengkapi dengan chipset yang pas-pasan, maka layar dengan resolusi terlalu tinggi akan menyebabkan game berjalan dengan settingan minimum dan agak lambat.
Ukuran layar juga penting, bermain game dengan layar kecil tentunya akan mengurangi keasyikan bermain game itu sendiri. Disarankan Anda memilih layar berukuran 14" - 15" jika sering berpergian membawanya atau laptop dengan layar berukuran 17" jika Anda bermaksud menggunakannya sebagai pengganti dekstop di rumah dan tidak sering membawanya kemana-mana.

Konektivitas

Pastikan laptop yang akan Anda beli mendukung konektivitas yang baik untuk bermain game seperti memiliki port USB yang cukup untuk memasang mouse, keyboard, gamepad/joystic dan pendingin laptop, karena saat digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat seperti game laptop akan cepat panas.
Perhatikan juga apakah laptop Anda mendukung konektivitas HDMI atau setidaknya VGA, ini sangat diperlukan ketika Anda akan menghubungkan laptop pada TV atau pada monitor dengan ukuran layar yang lebih besar.

Spesifikasi Tinggi Belum Tentu Terbaik

Jangan terpaku dengan laptop seri tertinggi, ada baiknya untuk memilih laptop dengan spesifikasi yang sedikit lebih rendah. Karena performa yang tidak akan terlalu jauh namun dengan selisih harga yang cukup lumayan banyak.

Tip diatas adalah petunjuk teknis saat akan memilih laptop untuk bermain game. Tidak sedikit faktor lain yang dapat membuat keputusan kita berubah saat tiba di toko komputer, seperti promo belanja, diskon dan lain sebagainya.