Follow Me On Twitter : @Edam_made13

Senin, 03 Desember 2012

Ini Rupa Kendaraan Polisi Masa Depan



Los Angeles - Dewasa ini petugas kepolisian memerlukan kendaraan cepat dan yang pasti harus lincah. Seperti apa kira-kira wajah kendaraan Pak Polisi di masa depan?


Nah, tentu tidak ada salahnya bila para desainer mencoba merekayasa kendaraan polisi di tahun 2025.

Masih jauh memang tetapi itu lah salah satu poin penting yang menjadi syarat dalam lomba desain LA Design Challenge 2012. Lomba ini diadakan di sela-sela LA Auto Show.

Telah terkumpul 5 mobil konsep super yang siap digunakan polisi di 2025, yang dipersembahkan 5 pabrikan ternama. Seperti apa saja dan mana yang menang?

1. E-Patrol



Mobil polisi dengan 2 penumpang ini didesain oleh BMW Group DesignworksUSA. Mereka memperkirakan Los Angeles bakal dipenuhi dengan kemacetan, mobil yang lebih cepat, dan mobil berbahan bakar alternatif.

E-Patrol digadang-gadang sebagai kendaraan yang tepat untuk petugas kepolisian di 2025.

E-Patrol memiliki struktur modular yang tidak biasa. Seperti mobil di film kartun, kendaraan ini bisa terpecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dengan satu polisi di dalamnya.

Jadi jika terkena kemacetan, bagian yang kecil bisa memisahkan diri untuk mengejar penjahat.

Jadi pertama, E-Patrol bisa berubah layaknya pesawat terbang. Kedua, E-Patrol ini dapat terpisah dengan memiliki 2 roda, agar bisa mengejar para penjahat.

2. Volt Squad



Dengan menggunakan tenaga listrik GM memberikan 3 konsep dari Volt untuk mobil polisi LA di 2025.

Setiap anggota skuad ini didukung oleh teknologi canggih dari VOLT, dengan sistem propulsi, tetapi dibangun sekitar tiga konsep yang berbeda: Amati, Kejar, dan Tangkap.

Untuk bisa mengejar dengan lincah, Volt menawarkan kendaraan darat yang ramping. 

Untuk bisa menangkap penjahat, maka diperlukan kendaraan 4 roda. 

Dan konsep terakhir mengintai, dengan memberikan konsep kendaraan listrik dengan satu penumpang yang bisa terbang dan bisa mengintai.


3. Honda CHP Drone

Layaknya E-Patrol, Honda CHP Drone memberikan konsep canggih untuk polisi LA di 2025. 

Honda CHP Drone yang didesain oleh tim Honda Amerika ini memiliki sistem dua kendaraan, yang dirancang untuk menghadapi segala medan dan tanpa memerlukan infrastruktur baru.

Tidak berhenti sampai disitu, Honda menawarkan desain kendaraan yang mampu beroperasi dengan polisi yang mengendarainya atau bisa berkendara secara otomatis.

Selain itu roda empat Honda CHP Drone berfungsi sebagai kendaraan pusat kendali, juga mampu untuk menyebarkan roda dua tak berawak yang disebut Moto-Drones yang bisa bergerak akan jauh meski dalam keadaan dingin sekali pun.

4. Honda 'Chips'





Selain Honda CHP Drone, Honda Jepang juga menawarkan kendaraan polisi canggih lainnya, yang memiliki 3 roda namun berbentuk sepeda motor yang disebut the Traffic Crawler. 


Namun dipastikan kendaraan ini memiliki kinerja sporty dan kemampuan untuk merespons dalam situasi lalu lintas yang parah.





5. Mercedez-Benz Ener-G-Force



Sesuai namanya mobil ini didesain oleh tim Mercedes-Benz. Di 2025, aparat penegak hukum perlu beradaptasi di jalanan yang semakin macet dengan fitur-fitur yang memonitor kemacetan.

Sebagai SUV yang ramah lingkungan Mercedes-Benz Ener-G-Force memenuhi persyaratan ini untuk membantu polisi.

Sebagai dasar, Ener-G-Force ini menggunakan mobil G-Class.